Zainal Ahmad Resmi Jabat Ketua Pengadilan Negeri Parigi

Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah, Nirwana (kanan) memimpin pengambilan sumpah dan serah terima jabatan Zainal Ahmad sebagai Ketua Pengadilan Negeri kelas II Parigi menggantikan ketua terdahulu Yakobus Manu di ruang sidang Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah di Palu, Selasa (13/8/2024). Foto: Arsip Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah.
banner 120x600

PALU, Lensa JurnalZainal Ahmad secara resmi dilantik sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Parigi kelas II dalam sebuah upacara pengambilan sumpah dan serah terima jabatan yang dilangsungkan di Pengadilan Tinggi (PT) Sulawesi Tengah, Palu, Selasa (13/8/2024). 

Sebelumnya, Zainal menjabat sebagai Wakil Ketua PN Bangkalan, Madura. Zainal menggantikan Yakobus Manu yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN Parigi kelas II. 

Pengambilan sumpah dan serah terima jabatan ini dipimpin Ketua PT Sulawesi Tengah, Nirwana. 

Nirwana berharap, Zainal dapat menjaga integritas dan kekompakan dalam menjalankan tugasnya di PN Parigi.

“Kami berharap Pak Zainal dapat bekerja sama dengan baik dengan seluruh penegak hukum di wilayah Parigi Moutong, sebagaimana yang telah dilakukan oleh pendahulunya. Selain itu, penting juga untuk menjaga hubungan harmonis dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Parigi Moutong,” ujarnya.  

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Parigi Moutong, Nirwana menekankan, pentingnya integritas dan independensi dalam menjalankan tugas sebagai ketua PN. 

“Sebagai warga pengadilan, kita terikat oleh kode etik yang harus dijaga. Oleh karena itu, integritas dan independensi harus menjadi prioritas utama,” tegasnya. 

Nirwana juga mengingatkan, agar Zainal untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang mencari keadilan. 

“Jangan sampai ada berkas yang tertunda di pengadilan. Setiap pemohon harus dilayani dengan baik dan cepat,” imbuhnya. 

Setelah dilantik, Zainal Ahmad menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kedua orang tuanya yang hadir meskipun harus menempuh perjalanan jauh dari Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Ia juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari masyarakat Sulteng khususnya masyarakat Parigi Moutong. 

“Insya Allah, kami siap melanjutkan legasi dari Pak Yakobus dan menjaga amanah yang telah diberikan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *