Berikut Total Perolehan Medali di POPDA Sulteng 2024, Parigi Moutong Urutan 9

Atlet Parigi Moutong yang berlaga di POPDA Sulteng 2024 di Kabupaten Banggai. (Foto: Istimewa)
banner 120x600

PARIGI MOUTONG, Lensa Jurnal Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XXIII Tingkat Sulawesi Tengah (Sulteng) yang berlangsung selama lima hari di Luwuk, Kabupaten Banggai, resmi berakhir. Kegiatan ini secara langsung ditutup Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili, pada Sabtu (3/8/2024) malam.

Ajang yang memperebutkan 203 keping medali dari 8 cabang olahraga terdiri dari basket, voli, sepakbola, pencak silat, tinju, sepak takraw, bulutangkis dan tenis tersebut, didominasi kontingen Kota Palu yang tampil sebagai juara umum.

Kiprah atlet-atlet Kota Palu pada ajang POPDA Sulteng, belum terbendung oleh kabupaten lain. Sebab POPDA kali ini, kontingen Kota Palu menyabet 22 medali emas, 13 perak, dan 10 perunggu.

Sementara tuan rumah Kabupaten Banggai harus puas berada di urutan kedua dengan 12 emas, 8 perak, 17 perunggu.

Sedangkan Kabupaten Parigi Moutong hanya mampu meraih 1 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Dengan hasil ini, Parigi Moutong menempati urutan sembilan didaftar perolehan medali POPDA Sulteng 2024.

“1 medali emas ini dipersembahkan Moh Ridho Satya W. Subahana dari cabang olahraga pencak silat (seni tunggal putra kelas 51-55 kg),” kata Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Parigi Moutong, Eny Susilowati, Selasa (6/8/2024).

Adapun 2 medali perak yang didapatkan Kabupaten Parigi Moutong, masing-masing dipersembahkan oleh James Jamain dari cabang olahraga pencak silat (seni tunggal putra kelas 55-59 kg) dan SMAN 1 Balinggi dari cabang olahraga voli putra.

Sedangkan untuk rincian 5 medali perunggu, diraih dari cabang olahraga voli putri yang merupakan gabungan dari delapan sekolah di wilayah Parigi Moutong.

Kemudian bulutangkis tunggal putri (Almira Khanza Fijrani) dan ganda putri (Almira Khanza Fijrani/Flowrensia Sofia Budiman).

Selanjutnya tinju tunggal putri kelas 48 kg (Nuzliah) dan tinju tunggal putri kelas 54 kg (Nurul Kiana).

Eny menyebut, pada ajang POPDA kali ini Kabupaten Parigi Moutong membawa sebanyak 32 atlet.

“Alhamdulillah mereka telah mampu menempati posisi yang maksimal dengan usaha untuk meraih prestasi. Saya berterima kasih kepada seluruh siswa-siswi yang telah berjuang membawa nama daerah di ajang POPDA kali ini. Insyaallah dikegiatan berikutnya bisa meraih hasil yang lebih baik,” ungkapnya.

Berikut hasil perolehan medali POPDA XXII Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2024:

  1. Kota Palu: 22 emas, 13 perak, 10 perunggu
  2. Banggai: 12 emas, 8 perak, 17 perunggu
  3. Morowali: 4 emas, 6 perak, 15 perunggu
  4. Toli Toli: 3 emas, 3 perak, 10 perunggu
  5. Donggala: 2 emas, 8 perak, 23 perunggu
  6. Poso: 2 emas, 5 perak, 8 perunggu
  7. Sigi: 2 emas, 3 perak
  8. Buol: 2 emas, 1 perunggu
  9. Parigi Moutong: 1 emas, 2 perak, 5 perunggu
  10. Banggai Kepulauan: 1 emas, 2 perak, 2 perunggu
  11. Morowali Utara: 1 emas, 3 perunggu
  12. Tojo Una Una: 2 perak, 4 perunggu
  13. Banggai Laut: 1 perunggu

Laporan : Abdul Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *