GEMARIKAN Bakal Kembali Digelar DKP Parigi Moutong

Kabid Pemberdayaan Nelayan DKP Parigi Moutong, Yuliana Ngkuno. Foto: abd. Latif
banner 120x600

PARIGI MOUTONG, LENSAJURNAL.id Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Parigi Moutong, Yuliana Ngkuno mengatakan, Gerakan Gemar Makan Ikan atau GEMARIKAN akan di gelar Oktober mendatang sebagai bentuk peningkatan kebutuhan gizi yang juga mencegah stunting.

“Kegiatan ini adalah agenda tahunan kami, nantinya akan banyak rangkaian kegiatan yang bakal di gelar awal Oktober di auditorium Kantor Bupati,” kata Yuliana, Rabu (18/9/2024).

Nantinya kata dia, akan ada lomba masak serba ikan yang di ikuti oleh ibu-ibu PKK di 23 kecamatan yang sudah menang pada lomba masak ikan pada tingkat Desa.

Selain itu kata dia, pemberian makanan berupa ikan, sebagai edukasi berkaitan dengan stunting yang akan diberikan kepada anak-anak balita. Sedangkan lomba mewarnai untuk tingkat Taman Kanak-kanak.

“Kegiatan ini sebagai kampanye gemar makan ikan. Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang tinggi zat gizi. Adapun zat gizinya, antara lain protein yang tinggi, omega 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12. Zat gizi yang terkandung dalam ikan bermanfaat untuk melindungi penglihatan, mencegah pikun, dan meningkatkan kecerdasan,” ungkapnya.

Lanjut Yuliana, untuk lomba masak ibu-ibu PKK yang berhasil mendapat juara satu akan mengikuti lomba tingkat Provinsi pada akhir oktober 2024, setelah itu, pemenang dari tingkat provinsi akan di ikutkan pada kegiatan Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 21 november 2024.

“Kegiatan i ni sudah pernah dilakukan pada tahun sebelumnya, sehingga perlu meningkatkan lomba masak sekaligus edukasi pentingnya menyantap ikan bagi anak-anak, apalagi Parigi Moutong adalah salah satu penghasil laut terbesar dan pesisir pantai terpanjang di Sulawesi,” pungkasnya.

Laporan: Abd. Latif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *