Tingkatkan Keterampilan Kader, Pemkab Buol Gelar Jambore Posyandu

160 kader posyandu ikuti jambore kader posyandu yang di gelar Dinas Kesehatan Buol, di Hotel Surya Wisata, Jumat (6/9/2024). Foto: Diskominfo Buol
banner 120x600

BUOL, LENSAJURNAL.id Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, melalui Dinas Kesehatan menggelar jambore kader posyandu, di Hotel Surya Wisata, Jumat (6/9/2024).

Acara ini diikuti sebanyak 160 kader posyandu dan dihadiri pengelola promosi kesehatan dari seluruh kabupaten di wilayah Sulawesi Tengah.

“Jambore ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader, sekaligus sebagai bentuk penghargaan atas peran aktif mereka dalam mendukung kesehatan masyarakat,” ujar Kabid Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Buol, Hadijah Abdulrahman.

Hadijah menjelaskan bahwa posyandu berperan sebagai ujung tombak dalam layanan kesehatan di desa.

Untuk itu, ia meminta kader posyandu, agar bekerja sama dengan Puskesmas Pembantu dan Puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih dekat kepada masyarakat hingga ke tingkat dusun.

“Saat ini transformasi pelayanan posyandu telah mencakup berbagai program kesehatan, seperti kunjungan rumah dan kelas ibu hamil, serta layanan kesehatan terpadu berbasis siklus hidup,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, Dadang, juga menekankan pentingnya peran posyandu sebagai mitra pemerintah desa dalam pelayanan kesehatan berbasis siklus hidup, baik dari ibu hamil hingga lansia.

“Pemerintah Kabupaten Buol akan mendorong para kader terus kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kunjungan ke posyandu, serta memanfaatkan teknologi digital untuk memperoleh informasi terbaru mengenai kesehatan,” pungkasnya.

Laporan : Abdul Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *