Basaranas Palu Terjunkan 6 Personel Cari Lansia Hilang di Sigi

Tim SAR Gabungan saat mencari lansia bernama Naena (75) yang dilaporkan hilang mencari aren di perkebunan Desa Bakubakulu, pada Sabtu (18/5/2024) pukul 15.00 Wita, Senin (20/5). (dok. Basarnas Palu)
banner 120x600

SIGI Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu menurunkan sebanyak enam personel untuk mencari seorang lansia bernama Naena (75) warga Desa Bakubakulu, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin, 20 Mei 2024.

Berdasarkan informasi yang terima dari Kapolsek Palolo, Haryadi, Naena (75) dilaporkan hilang saat mencari aren di perkebunan Desa Bakubakulu, pada Sabtu, 18 Mei 2024 pukul 15.00 WITA.

“Pada Sabtu, 18 Mei 2024 pukul 15.00 Wita, korban berangkat mencari aren di perkebunan Desa Bakubakulu, namun hingga saat ini korban belum kembali,” ujar Haryadi, Senin (20/5).

Haryadi mengatakan, sebelumnya pihak keluarga dan pemerintah setempat telah melakukan upaya pencarian, akan tetapi belum menemukan adanya tanda-tanda keberadaan korban.

Menanggapi hal itu, Kepala Kantor Basarnas Palu Andrias Hendrik Johannes langsung memberangkatkan Tim Rescue ke lokasi kejadian beserta kelengkapan operasi yang terdiri dari satu unit rescue car, peralatan mountenering, tandu, peralatan komunikasi, peralatan water rescue, peralatan medis, GPS dan perlatan SAR pendukung lainnya.

Setelah tiba di lokasi, Tim Rescue berkoordinasi dengan pihak keluarga, pemerintah setempat dan instansi terkait untuk pelaksanaan operasi SAR sesuai rencana operasi. Pukul 08.00 WITA, Tim SAR Gabungan melaksanakan penyisiran dengan membagi 2 SRU dan 4 sektor area pencarian.

Dimana, SRU 1 melaksanakan penyisiran di sektor A dan B dengan sistem ESAR radius 2 km. Sedangkan SRU 2 melaksanakan penyisiran di sektor C dan D dengan sistem ESAR radius 2 km.

Hingga pukul 17.00 Wita, Tim SAR Gabungan melakukan d’briefing dan evaluasi dengan hasil nihil.

Dengan demikian, Tim SAR Gabungan bersama pemerintah setempat bersepakat bahwa pencarian hari ini dihentikan sementara dan akan dilanjutkan esok hari Selasa, 21 Mei 2024.

Unsur SAR Gabungan terdiri dari Rescuer Basarnas Palu, Polsek Palolo, Bhabinsa, Pemerintah Desa dan masyarakat setempat.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *