BWS Sulawesi III Tanam 250 Pohon di Desa Balane Sigi

BWS Sulawesi III Palu melakukan penanaman 250 bibit pohon di dua lokasi dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia 2024. (Ist)
banner 120x600

SIGI, Lensa Jurnal – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi lll Palu, melakukan penanaman 250 bibit pohon dalam memperingati Hari Air Sedunia ke-32 yang jatuh pada 22 Maret 2024 mendatang. Kegiatan itu berlangsung di Desa Balane, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa, 5 Maret 2024.

“BWS lll Palu telah menargetkan penanaman 250 pohon di Sulawesi Tengah yakni di Desa Balane dan Huntap Talise,” ucap Kepala BWS Sulawesi lll Palu, Dedi Yudha Lesmana.

Dedi menerangkan, pohon produktif yang ditanam yaitu 40 jenis pohon manohara, 40 ketapang, 40 mahoni, 25 pohon mangga, 25 alpukat, 25 jambu air, 30 petai, dan 25 pohon kemiri. 

Rata-rata kata dia, semua bibit pohon dengan ketinggian kurang lebih 1,5 meter yang akan ditanam di beberapa titik termasuk di Desa Balane dan di Huntap Talise. 

Harapannya lewat kegiatan penanaman pohon ini dapat membentuk pemahaman masyarakat terkait kontribusi dalam memelihara alam. 

“Kami berharap lewat kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan kesadaran bagi kita semua, bahwa manusia tidak hanya memiliki hak sebagai pengguna air, tetapi turut andil dalam memberikan kontribusi dalam memelihara alam serta lingkungan yang menjadi sumber air,” ungkapnya. 

“Olehnya saya meminta kepada semua pihak untuk bersama-sama aktif dalam merawat dan menjaga pohon yang sudah ditanam,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Nuim Hayat yang juga hadir pada kegiatan penanaman pohon bertemakan “Water For Peace” atau air untuk perdamaian itu mengatakan, bahwa fokus utama tema ini adalah kompleksitas isu air global yang dapat menciptakan perdamaian dari berbagai konflik pemanfaatan air yang terjadi.

Dengan tema yang diusung oleh PBB tahun ini yaitu ‘Water For Peace’ diharapkan dapat meminimalisir permasalahan-permasalahan akan air dan mengurangi terjadinya konflik pemanfaatan air, yang merupakan tanggung jawab bersama semua pemangku kepentingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *