Hari Apoteker Sedunia, PC IAI Edukasi Obat Diabetes dan TBC

Ketua PC-IAI Parimo, Devi Artini Uga.
banner 120x600

PARIMO, lensajurnal.idPengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC – IAI) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah, akan menggelar edukasi informasi obat diabetes melitus dan TBC dalam rangka memperingati World Pharmacy Day (WPD) atau Hari Apoteker Sedunia yang jatuh pada Ahad, 25 September 2022.

“Kami akan menggelar edukasi informasi obat diabetes melitus dan TBC. Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Parimo, dan melibatkan khususnya lima puskesmas di kecamatan diwilayah Parimo,” ungkap Ketua PC-IAI, Devi Artini Uga, di Parigi, Sabtu (24/09/2022).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Parigi, Sausu, Ampibabo, Tinombo dan Bolano.

Kata dia, di lokasi kegiatan Ahad esok akan diawali dengan senam bersama, kemudian akan ada edukasi makan buah yang baik untuk mendukung Gerakan Kesehatan Masyarakat (Germas).

Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan kadar gula dalam darah, juga akan ada pula tips dan trik mensiasati minum obat DM dan TBC.

“Kegiatan WPD 2022 ini, juga menyiapkan pemeriksaan gula darah bagi masyarakat yang mengikuti kegiatan di Ahad 25 Sept 2022 tersebut,” ujarnya.

Devi berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih teredukasi dengan baik. Serta dapat memahami, bahwa pola atau gaya hidup sehat dapat membantu aktivitas sehari-hari dengan gula darah yang terkontrol.

“Juga bisa mengedukasi masyarakat bahwa penyakit TBC dapat diobati dengan tuntas, obatnya pun gratis tersedia,” ucapnya.

Dia menambahkan, kegiatan WPD yang akan dilaksanakan PC-IAI Parimo tersebut, juga akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia dalam rangka mencatat rekor muri.

“Kami PC-IAI Parimo berharap, WPD yang akan dilaksanakan besok dengan tema Apoteker bersatu dalam Aksi menuju Dunia yang lebih sehat, dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Laporan : Israwati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *