JAKARTA , lensajurnal.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, mengapresiasi inovasi yang dihadirkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Badung, Provinsi Bali.
“Dari tadi, saya membandingkan dengan yang sudah saya datangi, memang MPP di Kabupaten Badung salah satu yang paling simpel, paling clear, sistemnya juga jalan,” kata Mendagri, saat meninjau langsung MPP Kabupaten Badung, Bali, Kamis (27/1).
Mendagri mengatakan, MPP Kabupaten Badung memiliki sistem yang simpel dan jelas, mulai dari proses registrasi hingga pelayanannya, termasuk informasi yang disampaikan para petugas.
Dia sanggat mengapresiasi, sebab dengan adanya survei kepuasan masyarakat. Layanan penilaian ini mengingatkan Mendagri dengan sistem serupa yang ada di Singapura. Menurutnya, layanan itu berpengaruh terhadap pelayanan dari para petugas.
“Ada tambahan yang saya melihat baru, yang saya nggak banyak ketemu di tempat lain yaitu masyarakat bisa langsung menilai, feedback. Jadi kalau ada yang aneh-aneh itu pelayanannya, petugasnya itu nanti langsung ketahuan,” ujar Mendagri.
Sementara itu, Kepala Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Badung, I Made Agus Aryawan menjelaskan, hadirnya MPP di Kabupaten Badung, masyarakat tak perlu datang langsung ke instansi untuk memperoleh pelayanan.
Berbagai pelayanan publik pemerintah bisa diurus melalui MPP baik offline maupun online. Salah satunya yaitu produk layanan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS), baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.
Lanjut dia, pelayanan akan diintegrasikan melalui sarana dan prasarana akan lebih disiapkan untuk memberikan akses pelayanan publik yang seluas-luasnya kepada masyarakat.
“Semua sudah ada di MPP,” tandasnya.
Laporan: Wahab/**