Bentuk Jiwa Kepemimpinan, OSIS SMA I Parigi Gelar LDK

Peserta calon penggurus OSIS saat menerima materi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Rabu (12/1) (Foto: Istimewa)
banner 120x600

PARIMO, Lensa Jurnal – Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Parigi, menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), untuk para calon pengurus OSIS. Hal ini merupakan tahapan yang harus dilewati sebelum mereka bekerja dalam kepengurusan, kegiatan dilaksanakan mulai 12-16 Januari 2022.

“Calon pengurus akan dibekali berbagai macam materi, yaitu manajeman organisasi, manajeman administrasi, dan yang terpenting adalah kepemimpinan,” ungkap ketua OSIS SMA I Parigi, Nazwa Aluweni, usai membuka kegiatan LDK, Rabu (12/1).

Baca juga : Kemendikbud Ristek Menyebut Pembangunan Sanitasi Sekolah Itu Penting

Najwa menjelaskan, awalnya pengurus OSIS, membuka kesempatan bagi seluruh siswa yang ingin menjadi bagian dari OSIS, kemudian mereka akan melalui berbagai tes seleksi dengan sistem gugur.

Seleksi pertama, adalah seleksi berkas, dalam seleksi ini calon pengurus OSIS mengisi formulir biodata lengkap serta alasan dan tujuan mengapa memilih menjadi pengurus OSIS.

Dalam tahap ini calon pengurus juga bisa melampirkan piagam-piagam prestasi, sebagai nilai tambah bagi mereka untuk lolos ketahap berikutnya.

“Calon pengurus yang lolos pada tahap seleksi berkas, berhak mengikuti tes selanjutnya, yaitu tes tulis dan wawancara,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk tes terakhir, khusus yang beragama Islam akan ada tes membaca Al’Quran, karena menurut kami itu adalah poin penting untuk menjadi pengurus OSIS.

Sebelumnya, ada sekitar 100 siswa yang mengikuti tahapan seleksi, dan menyisahkan 45 siswa yang beruntung lolos hingga tahap terakhir, dan mengikuti LDK yang akan berlangsung selama lima hari, 12-16 Januari 2022.

Dia berharap, kepada seluruh calon pengurus yang mengikuti LDK, agar mengikuti seluruh kegiatan dengan serius, sehingga usai mengikuti LDK mereka nantinya bisa menjadi pengurus yang siap bekerja melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Baca juga : Di Kemenag ada Layanan Pendaftaran Pendirian Pesantren Berbasis Online

“Selain itu saya juga berharap adik-adik peserta LDK dapat menjadi pengurus OSIS SMA Negeri 1 Parigi yang kreatif, inovatif, berakhlak mulia agar menjadi teladan yang baik bagi siswa dan bisa menjaga nama baik Sekolah kita,” pungkasnya.

Laporan : Israwati Toampo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *